Want some coffee?

 

Tahukah kalian bahwa kopi itu berasal dari buah yang berbentuk seperti beri?? Kopi yang masih berbentuk beri ini pertama kali ditemukan seorang pengembala kambing yang bernama Kaldi dari Etiopia pada tahun 850 M. dia menyadari bahwa kambing yang memakan beri berwana merah itu menjadi lebih cergas dan lincah.

Pohon kopi pertama kali ditanam di Arabia dengan nama “gahwa” yang berarti minuman yang berasal dari tanaman. Minuman ini kemudian menyebar ke seluruh dunia dan pada tahun 1475 coffee shop pertama di buka di Konstantinopel.

Kopi dapat tumbuh di daerah tropis dengan ketinggian antara 600-7200 kaki di atas permukaan laut. Pada umumnya kopi terdiri dari dua jenis:

Arabica 

 

Arabica adalah jenis kopi yang pertama kali ditanam. Kopi jenis ini tumbuh dengan baik pada daratan dengan ketinggian 4000-6000 kaki di atas permukaan laut. Arabica membutuhkan tanah dengan suhu dan kelembapan khusus. Jenis ini dianggap jenis kopi yang berkualitas tinggi dan menghasilkan kopi dengan rasa dan aroma yang baik. Butuh waktu sekitar 6 hingga 9 bulan hingga kopi dapat dipanen.

Arabica adalah jenis kopi yang rentan terhadap penyakit, udara dingin, kekeringan dan akan jatuh dari pohon ketika matang, sehingga harus di panen sesegera mungkin setelah cukup matang. Arabica membutuhkan perhatian khusus selama pertumbuhannya dan hanya menghasilkan 1-1,5 pon biji kopi per tahun. Meskipun hal ini mengakibatkan harga kopi Arabica menjadi lebih mahal, namun kopi ini banyak disukai karena rendah kafein dan kaya rasa dan aroma.

Robusta

Robusta tumbuh pada ketinggian 0-2500 kaki di atas permukaan laut. Pada umumnya kopi jenis ini tumbuh di Afrika Barat ddan Asia Tenggara. Biji kopi ini memiliki rasa dan aroma yang tidak terlalu terasa dibandingkan dengan Arabica. Robusta juga lebih tahan terhadap dingin dan kelebapan, selai itu juga jenis ini tidak jatuh dari pohon ketika sudah matang, sehingga tidak perlu segera dipanen. Biasanya kopi jenis ini digunakan sebagai ‘bahan pengisi’ untuk kopi kalengan demi menurunkan biaya produksi. Kandungan kafein pada Robusta dua kali lebih tinggi dari Arabica. Robusta juga lebih cepat matang dibandingkan dengan Arabica dengan hasil panen dua kali lebih banyak. Harga biji kopi Robusta biasanya lebih murah dan digunakan sebagai kopi instan.

 

No Comments Yet.

Leave a Comment