Singapore di waktu malam

Sebagai orang yang gampang bosan, pelampiasan mumet terbaik adalah jalan-jalan. Udah tau donk kalo kemaren ada issue hangat tentang tiket pesawat internasional jauh lebih murah dari tiket domestik? Mumpung masih hangat, dan harga tiket belum pada naik, yok kita jalan-jalan!

Masalah utama sobat missqueen macam gw yang pengennya jalan-jalan tapi merki binti pelit, adalah budget. Ya iyalah cyin, kalo ga terbentur budget, you won’t see me anymore. Gw pasti bakalan jalan-jalan terus ga perlu inget qerja bagai quda. So anyway, kira-kira inilah tips dari gw si BPJS (Budget Pas-pasan, Jiwa Sosialita) yang kecanduan jalan-jalan.

Musti mulai darimana sih kalo mau travelling dengan budget terbatas? Ini list berdasarkan Priority gw:

1. Tiket

Wajah-wajah siap mengexplore Singapore dengan Subway

Kenapa tiket? Karena ga ada yang namanya tanggal baik untuk berpergian dengan budget hemat. Tanggal baik adalah tanggal yang tersedia tiketnya. Oleh karena itu tiket memegang peranan paling penting. Karena kalo kelamaan nabung yang ada malah ga terkumpul-kumpul duitnya. Nekad itu penting!

Lalu bagaimana cara mendapatkan tiket murah?

  • Yang pertama liat duit yang kalian punya. Kalian punya tabungan berapa sekarang? 200 ribu? 500 rb? 3 juta? Set angka untuk tiket. Gw sendiri selalu menerapkan harga di bawah satu juta PP untuk tiket jarak dekat seperti dalam kota, antar pulau atau negara ASEAN. Mungkin kah harga di bawah 1 juta untuk jalan-jalan ke luar negeri? Mungkin banget! Weekend ini gw bakalan terbang ke Penang hasil berburu tiket dari HaloTiketid yang harganya kurang dari 800 ribu! Butuh kesabaran tinggi memang, tapi begitu dapet, percayalah beneran rasanya kaya dapat jackpot.Lalu gimana caranya buat yang budget nya 200 ribu? Jangan salah lho, biasanya Air Asia suka bagi2 tiket gratis skali lagi cuss pantengin akun HaloTiketid. Atau lo bisa tentuin piknik jarak dekat dengan angkutan umum seperti bus atau touring naik motor bareng temen. Lalu diriin tenda samping pantai. Cakep ga tuh?Setting budget ini berguna supaya kalian siap bayar ketika ada tiket promo. Inget lho yang namanya tiket promo, itu cepet banget abisnya, karena ga cuma seorang atau dua orang yang rebutan. Tapi banyaaaaakk.. Makanya setelah ada tiket yang masuk budget, langsung book aja sist!Buat gw kegiatan pagi hari tiap jam 9 adalah mantengin akunnya HaloTiketid karena tiap jam segitu doi ngeblast promo yang tersedia di hari itu. Kenapa gw pilih akun itu? karena konsisten. Tiap jam 9 pagi mereka akan update, hal ini membantu banget buat pekerja macam gw yang ga mungkin buka tiket promo tiap saat. Once ada yang cocok terus chat deh. Oia selain konsisten, mereka juga fast response dan terpercaya. Bukan akun bohongan yang nipu-nipu gitu. (Serius ini gw ga di endorse, tapi testimonial dari lubuk hati paling dalam)
  • Tips kedua untuk dapetin tiket murah: Jangan males riset! buka akun promo sebanyak-banyaknya, karena beberapa kadang punya harga yang lebih murah. Jangan males juga cek website maskapai karena mereka juga sering ada promo yang ga ada di akun tiket promo. Oia bandingin juga sama marketplace yang jual tiket. Siapa tau justru mereka lebih murah.Selain itu jangan lupa cek testimonialnya. Gak mau kan udah missqueen nyari tiket budget rendah eh malah ketipu agen abal-abal. Cari akun yang testimonialnya baik dan fast responds, karena pernah nih beli tiket di akun promo. Meskipun tiket gw beneran tembus dan perjalanan gw lancar, tapi adminnya slooooooow banget. Bikin deg-degan kan? Dan itu rasanya ga enak cyin! Berasa udah cinta setengah mati, eh dianya enggak.

2. Itinerary

Puncak tertinggi Nusa Tenggara Barat, Negeri Seribu Masjid. Di sini beneran bisa ngitung Masjid yang ada di Lombik kalo emang niat.

Untuk hal ini menentukan budget banget. Kalian mau belanja atau mau liat-liat kota aja? Mau ke tempat yang jauh atau mau yang deket aja? Itenary berpengaruh besar untuk budget kalian selama di sana. Once kalian menentukan tema perjalana kalian dan ngelist tujuan yang akan kalian kunjungi, kalian bisa perkirakan budget yang harus kalian punya.

Untuk gw, sebelom pergi selalu menentukan ‘tema’ trip. Misalnya waktu ke Lombok, tujuan gw adalah mengeskplorasi Lombok dari segala penjuru dan foto-foto yang kece. Setelah ngitung dan membandingkan, ternyata kalo beli tiket ketengan, bawa kamera dan drone, belom lagi transport dan akomodasi, maka gw memutuskan untuk all out dengan travel agent. Waktu itu pake Lombok Tour Organizer yang service kami sampai setulus itu ampe akhirnya gw jodohin guidenya ama adek sepupu gw :))). Budgetnya 9juta 2 paxx all in akomodasi, transport, makan untuk 6 hari explore lombok utara, selatan, barat dan timur, plus dokumentasi (mereka yang bawa kamera dan drone) lalu kita tinggal duduk manis dan dapet video serta foto yang udah mereka edit. Sumpah kece hasilnya!

Islamic Center jadi salah satu tujuan untuk foto-foto. Selain tempatnya bagus, juga bisa melihat Lombok dari tempat tertinggi.

Waktu gw ke Singapura, gw menentukan mau main Ingress hardcore! Ga ada belanja-belanja, tapi main Game Ingress. Makanya bawa duitnya dikit banget saat itu. karena memang tujuannya mau keliling kota mencari foto-foto dan cari portal. Yang penasaran Ingress itu apa, boleh goggling karena gw males jelasinnya hahaha

Waktu ke Thailand beda lagi, tujuannya emang mau belanja make up. Ampir tiap hari gw datengin mall-mall kece di sana buat berburu make up dan open PO :))). Budgetnya agak besar saat itu.

See? Tema perjalanan kalian menentukan budget banget. Makanya stick to the theme. Mau ngirit ya jangan iri ama yang niat belanja.

3. Dokumen

Passport jadi dokumen penting buat penggila traveler. biar jalan-jalannya jauhan dikit.

Mau jalan kemana-mana, dokumen pribadi ini penting. Siapin KTP dan Passport kalo mau ke luar negeri. Dan in case kalian kecopetan atau hilang, simpan back up digital dokument kalian di cloud. Bisa di email, google drive, dropbox, apapun itu. Jadi kalau kalian kehilangan, kalian tinggal terkoneksi sama internet lalu download untuk emergency.

Kalau kalian belum punya passport tapi udah siap budget dan tiket murah udah di depan mata, jangan takut. Karena kalo di akun-akun travel agent biasanya ga diminta nomer passport, beda kalo di market place seperti Traveloka. Mereka mewajibkan untuk memasukan nomer passport ketika pembelian tiket.

Cek dan double cek untuk dokumentasi sebelum kalian berangkat. Supaya ga menyulitkan ketika kalian melakukan perjalanan. Jangan sampe udah di bandara trus passport atau KTP kalian ketinggalan. Kan sue :)))

4. Realistis dan Aman

Untuk melakukan perjalanan dengan budget terbatas, segala hal harus realistis. Misal kalo budget 500 ribu ya jangan cari tiket Ke Eropa, bakalan ga berangkat-berangkat kalo gitu. Buat gw realistis juga termasuk flexible. Ini terjadi dalam perjalanan gw ke Singapura. Gue menentukan budget under 1 juta PP, tapi ternyata ada promo Garuda Indonesia dengan tiket 1.2 juta PP dari PromoTrip, dapet bagasi dan meal. Ya menurut ngana gw tolak? Kufur nikmat banget itu kalo nolak jalan-jalan dengan maskapai bintang lima harga kaki lima. Akun promotrip juga salah satu akun fave gw kalo berburu maskapai bintang lima. Akunnya terpercaya dan suka bagi-bagi promo Garuda Indonesia yang terkenal pelit ngasih promo.

Salah satu spot Fave di Asiatique. Coba dateng sebelum sun set sampai malam.

Aman juga salah satu cara untuk melakukan perjalanan dengan budget murah. Pilih destinasi yang memang sudah aman transport dan akomodasinya. Hal ini menghindari budget tak terduga kalo tidak ada jaminan bahwa kita bisa travelling safety. Dari pada naik Tuk-Tuk khas Thailand yang seru tapi harganya seenak jidat, ya mending naik BTS aja yang udah pasti dan aman ga harus melakukan adegan Fast Furious di jalanan Thailand. Kalian yang udah pernah ke sana pasti ngerti gimana cara mereka nyetir :))) ga aman buat jantung sist!

Selanjutnya kalian siap jalan-jalan? Belom laaah. Tiket udah ada, lalu untuk yang pertama kali travelling keluar negeri pasti bingung dan cemas apa yang harus di bawa. Next postingan gw bakalan seputar packing ya.

So, itulah tahap awal dari memulai travelling dengan budget pas-pasan. Share donk, apa yang menurut kalian penting dalam melakukan perjalanan under tight budget.

Share:
Written by firah39
Beri aku hujan, maka akan aku ceritakan. Beri aku bulan, maka akan aku nyanyikan. Beri aku dirimu, maka akan aku berikan jiwaku.