So this is a new categories in my blog that i never thought that i would add: Fitness and health. yup you read it right.

Udah beberapa bulan ini gw menghabiskan waktu di gym. Hampir seminggu 5 kali ngegym, meski kadang ada waktunya kerjaan kantor menyita banyak waktu sampai ga sempet untuk ngegym. Yang penting minimal banget sebulan 5 kali karena 2 alasan.

Alasan pertama, karena kalau berhenti total, maka latihan gw harus mulai dari nol dan badan musti membiasakan lagi dengan porsi latihan sebelumnya. Efeknya bisa bikin badan lemes sama tidur ga nyenyak.

Alasan kedua, karena membership fitness gw dibayarin kantor, kalo kurang dari 5 kali sebulan bakalan di cabut :))) itu alasan paling kuat sih yang bikin gw minimal banget seminggu sekali ke gym. FYI membership fitness gw di Fitness First. Beruntungnya gw didaftarkan sebagai platinum membership yang bisa dipakai di Fitness First seluruh dunia.

Banyak orang yang bilang kalo ngapain sih gw ikut gym lagi? ga ada yang musti dikecilin. Hey body shamming tauk! Beberapa orang memilih gym untuk menurunkan berat badan, sementara lainnya untuk menambah berat badan. Kebanyakan orang tertama cowo milih ngegym untuk menambah massa otot supaya keliatan kekar. Buat gw gym itu buat mempertahankan bentuk badan dan buat pelarian dari stress hahaha.. eits stressor itu banyak macamnya, stress yang gw hadapi bukan cuma psikis tapi stress jasmani juga. Terlalu lama absen berolahraga bikin badan terasa makin kaku, berat, dan ngos-ngosam kalo dipake jalan jauh. Apalagi dengan umur yang makin bertambah, gw ga mau kalo badan gw malah keliatan makin tua lebih dari umur sebenarnya.

Awalnya gw latihan dengan porsi yang ringan, tujuannya untuk membiasakan diri aja biar badannya ga kaget. Bulan pertama warming up cardio selama 15 menit, lalu angkat beban. Angkat beban juga dengan berat yang sangat minimum, cuma 2 kg dumbell yang dipake saat itu. Latihan pertama saat ngetest kemampuan otot, ternyata upper body gw jauuuh lebih lemah dibanding lower body. Maklum emak-emak biasanya lebih kuat jalan keliling mall.

Lalu latihan apa aja yang biasanya gw lakukan pada bulan pertama?

  1. Warming up treadmill atau eliptical 15 menit. sampai heart rate 80% dari heart rate maksimal, pertahankan selama 5 menit. Cara menentukan heart rate maksimal adalah 220-usia.
  2. Angkat beban.
  3. Crunches. 150x tanpa beban di minggu pertama penambahan 1,25 kg tiap minggu. sampai 5 kg (batas maksimal belom nambah ampe sekarang, cuma repetisinya nambah)

Jenis angkat bebannya:

Senin: Chest work out + Biseps + Abs + Cardio

Selasa: Back work out + Triceps + Abs + Cardio

Rabu: Cardio/Yoga/Pilates

Kamis: Shoulder work out + Abs + Cardio

Jumat: Leg workout + Abs + Cardio

Detail gerakan dan berapa banyaknya akan dibahas di postingan lain yah. Mention aja di twitter @firah_39 kalo gw ga konsisten ngeblog tentang ini :))). Hasil dari workout sebulan pertama blm terlalu keliatan sih, karena mungkin masih adjusting. Cuma aja biseps gw keliatan mulai membulet. That’s motivate me. Ketika ngaca trus liat hasilnya, bikin gw ga sabar besok buat balik ke gym. Tapi kalo udah berasa burn ototnya, perasaan kaya jompo banget dah.

Pernah nih karena latihan back terlalu intense, maka otot pinggang dan punggung gw burn. Yang ada susah banget jalan tegak malah jadi kaya nenek-nenek. Huft.. Dan satu lagi, cardio itu PENTING. Kurang apa coba gw tekankan, udah capslock dan bold nih. Apalagi kalo tujuannya untuk membakar lemak. lagian latihan akan sia-sia kalo heart rate optimal-nya ga tercapai.

Tips untuk cardio: lakukan apa yang lo suka. Cardio itu udah berat kaya rindu kata Dilan, jangan di tambah berat dengan melakukan apa yang ga lo suka. To be honest gw ga suka treadmill, makanya selalu gw ganti dengan sepedahan, atau eliptical. Lalu karena biasanya 2 menit cardio itu udah berasa kaya 2 jam, makanya cari hiburan, kaya misalnya sambil nonton drama korea di treadmill, dengerin playlist workout di spotify, atau video call ama pacar misalnya. It helps, bener deh. Kemudian karena badan kita akan terbiasa dengan cardio yang itu-itu lagi, maka setelah berapa lama ga akan efektif lagi. Lakukan variasi, misal kaya yang ada di blognya The Famous Fitness. Klik aja nanti bisa liat variasinya. Yang terakhir adalah konsisten! Ga peduli seberapa bencinya, seberapa bosannya, seberapa capeknya, lakukan cardio kalo mau olahraga lo efektif.

 

So selamat berolahraga :*

Share:
Written by firah39
Beri aku hujan, maka akan aku ceritakan. Beri aku bulan, maka akan aku nyanyikan. Beri aku dirimu, maka akan aku berikan jiwaku.