Kata Hati: Sebutlah Itu Cinta (A Book Review)

image

Cinta itu masalah…
Mustahil jatuh cinta atau mencintai seseorang tanpa terlibat dengan berbagai masalah. (Bernard Batubara, 2012)

Siapa bilang move on itu gampang? Kalau mudah untuk meninggalkan semua kenangan yang pernah dijalani selama lima tahun, itu namanya bukan cinta. Meski keinginan untuk move on begitu besar, tapi setiap inci kota di mana kita tinggal seperti mesin waktu yang mengulang kembali tayangan-tayangan masa lalu dan akhirnya menarik kenangan tepat di dasar ulu hati. Membuat perih dan akhirnya napas terhenti beberapa mili sekon. Setidaknya itu yang dirasakan Randi tokoh utama dalam buku ini. Ke manapun dia pergi selalu ada Dera dalam ingatannya.

Katanya menyembuhkan hati itu harus dengan hati. Menemukan seseorang yang baru dan mencintainya. Tapi betulkah hanya itu cara satu-satunya? Lalu ketika ada seorang yang baru, betulkah itu benar-benar cinta? Bukan pelampiasan semata?

Buku karya Bernard Batubara (atau yang biasa dikenal dengan @benzbara_), ini bercerita dengan jujur suatu pengalaman ‘move on’ dari tokoh utamanya dan hubungannya dengan Dera, sang mantan dan Fila gebetan barunya. Penuturan sederhana dan sejuk mengalir dari halaman pertama sampai akhir membuat kita ikut merasakan bahwa cinta memang tidak pernah sederhana. Setting Yogyakata juga menambah kesederhanaan cerita novel ini dan tetap manis untuk dibaca.

Sebuah bacaan yang tepat untuk dihabiskan bersama satu mug penuh coklat hangat dengan sedikit gula supaya tidak pahit ;p

No Comments Yet.

Leave a Comment